Gejala Virus Corona Dan Cara Mencegahnya

Belakangan ini Bunda pasti khawatir dengan wabah Virus Corona. Seperti apa gejala virus Corona, penyebaran dan cara mencegah Virus Corona agar si kecil dapat terhindar. Bunda yuk kita simak.

Gejala Virus Corona

Bunda, Virus Corona yang sedang marak belakangan ini memiliki gejala persis seperti sakit flu pada umumnya. Namun, gejala Virus Corona lebih spesifik yaitu demam yang tidak biasa, disertai batuk kering, dan sesak napas. Masa inkubasi Virus Corona adalah 2 hingga 14 hari. Jadi, jika kita baru berdekatan dengan orang yang kemungkinan terinfeksi virus atau baru kembali dari daerah yang memiliki wabah Virus Corona, pastikan kita tidak keluar rumah selama 2 hingga 14 hari untuk mengamati gejala virus. Setelah 14 hari dan tidak terdapat tanda, artinya kita aman ya Bunda.

Cara Penyebaran Virus Corona

Seperti virus flu pada umumnya, Virus Corona juga dapat menyebar melalui cairan tubuh ya Bunda. Oleh karenanya, usahakan jangan terkena cairan tubuh ketika orang lain sedang bersih, meludah, batuk, ataupun cairan tubuh lainnya. Selain itu, hati-hati dengan bangkai binatang yang mati terutama yang mati karena penyakit. Sejauh ini, walau belum terkonfirmasi 100 persen, Virus Corona disinyalir berasal dari Kelelawar, binatang ternak, hingga Kucing yang terinfeksi virus tersebut.

Cara Mencegah Virus Corona

Jangan panik ya Bunda, cegah Virus Corona dengan cara berikut:

  • Jika batuk atau bersin, tutup dengan tisu dan langsung buang tisunya ya Bunda
  • Hindari orang yang bersin atau batuk ya Bunda dan usahakan menutup hidung atau gunakan masker
  • Seringlah mencuci tangan sehabis beraktifitas. Jika tidak ada air, gunakan cairan antiseptik dengan alkohol atau hand sanitizer setidaknya 60% Alkohol ya Bunda
  • Jika sedang diluar rumah jangan memegang wajah, mulut, hidung ataupun mata kecuali kita yakin bahwa tangan kita bersih

Bunda, di samping pencegahan di atas, kita juga harus menjaga daya tahan tubuh kita ya Bunda terutama si kecil karena virus apapun dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh jika daya tahan tubuh kita lemah. Usahakan setiap hari makan makanan bergizi dan asupan Vitamin C ya Bunda. Dan jika kita mendapat gejala penyakit seperti gejala virus Corona di atas, jangan panik dulu, karena belum tentu kita positif mengidap virus Corona.



Categories: Kesehatan

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: