Anak ABG-ku Suka Membantah Dan Berbohong

Bagaimana cara menghadapi anak yang suka membantah? Di saat anak beranjak dewasa atau “ABG”, pola pikir mulai berubah dan mencari jati diri. Masa perubahan ini kadangkala membawa perubahan pada hubungan antara anak dan orangtua. Apa yang sebaiknya harus dilakukan oleh orangtua?

Menghadapi Anak Yang Suka Membantah

Tanya : Alobunda, anak saya beranjak ABG, perempuan, usia 14 tahun. Akhir-akhir ini anak saya suka membantah. Jika saya memarahi, dia akan berpura-pura menuruti namun dibelakang saya dia berbohong. Apa yang harus saya lakukan?

Jawab : Bunda, masalah yang Bunda hadapi adalah masalah jutaan Bunda lainnya di luar yang memiliki anak ABG. Tetaplah menjaga wibawa sebagai orangtua ya Bunda, agar anak memiliki rasa hormat kepada orangtuanya. Lakukan pendekatan dan dekati dengan penuh kasih Bunda. Bila perlu, Bunda juga melakukan pendekatan dengan teman-temannya. Perlakukan anak ABG sebagai teman atau sahabat dan biarkan anak mencurahkan perasaannya atau “curhat” isi hatinya. Posisikan diri kita sebagai sahabat ya Bun. Dengan demikian, anak akan lebih terbuka kepada orangtuanya dan berhenti berbohong. Semakin Bunda membentengi dan membangun pagar tinggi, maka jurang pemisah akan semakin besar. Usahakan membangun “jembatan” daripada “tembok” ya Bunda. Semoga masalahnya dapat segera di atasi ya Bunda.

Nah, jika ada Bunda lain yang memiliki masalah serupa dan sudah memiliki solusinya, bisa berbagi di kolom komentar ya Bunda.



Categories: Konsultasi

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: