Apakah Bayi Baru Lahir Dapat Melihat?

Ketika bayi baru lahir, Bunda tentu ingin tahu apakah bayi bisa melihat? Apakah bayi dapat mengenali orangtuanya? Jangan khawatir Bunda, bayi dapat melihat dengan jelas ketika baru lahir. Namun, sebatas jarak dekat.

Penglihatan Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir dapat melihat dengan jelas kondisi sekitarnya. Namun, hanya sebatas jarak dekat dan karena bayi belum dapat mengenali warna, bayi hanya dapat melihat warna-warna yang tajam dan bentuk benda yang sederhana.

Perkembangan mata bayi, dapat dikategorikan sebagai berikut:

  • Bayi yang baru lahir, dapat melihat dengan jelas orang sekitarnya. Bayi akan dapat melihat wajah ayah ibunya atau orang-orang terdekatnya dan akan mengenalinya perlahan-lahan.
  • Penglihatan bayi akan terbatas pada obyek yang dekat. Sedangkan obyek yang jauh akan terlihat buram. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, secara perlahan penglihatannya akan semakin tajam.
  • Bayi dapat melihat warna. Namun sebatas warna yang sederhana. Oleh karenanya, pengenalan akan warna dan bentuk sangat penting untuk melatih penglihatan pada bayi. Berikanlah bentuk atau mainan yang sederhana jangan terlalu rumit.
  • Mata bayi yang baru lahir masih sensitif terhadap sinar atau cahaya. Sehingga bayi jarang membuka mata karena sedikit silau dan cenderung membuka mata lebar ketika cahaya sedikit redup.
  • Otot mata pada bayi belum begitu kuat sehingga normal jika bayi kadangkala terlihat sedikit juling atau tidak fokus. Namun, seiring dengan menguatnya otot mata, maka bola mata bayi akan lurus.

Warna mata pada bayi juga dapat berubah sesuai dengan genetikanya. Misalnya, bayi yang memiliki orangtua dengan warna mata yang berbeda, misalnya mata ibu adalah Coklat dan mata Ayah sedikit Abu-abu atau kebiruan, maka mata bayi akan mengalami perubahan seiring dengan perkembangan bayi.

Biasanya, perkembangan mata bayi akan mulai normal dan stabil ketika usia menginjak 4 hingga 6 bulan. Jika setelah 6 bulan mata bayi masih terlihat belum stabil, juling bahkan terlihat menjauh, maka perlu bila bayi dikonsultasikan ke dokter.



Categories: Bayi

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: