Inilah Penyebab Kue Bantat

Membuat kue gagal alias kue bantat tentunya pernah dialami oleh Bunda. Kue bantat membuat kesal karena selain tenaga telah dikeluarkan untuk membuat kue, juga biaya untuk membeli bahan kue menjadi terbuang sia-sia. Nah, apa sih penyebab kue bantat? Kita bahas ya Bunda.

Penyebab Kue Bantat

Bunda, berikut ini adalah beberapa faktor penyebab kue bantat:

  • Telur Ayam

telur ayam

Telur yang digunakan ketika membuat kue, harus Telur dalam keadaan suhu ruang ya Bunda. Setidaknya, telur didiamkan pada suhu ruang 2 hingga 3 jam sebelum membuat Kue. Telur yang baru dikeluarkan dari lemari pendingin, tidak akan membuat kue menjadi mekar. Melainkan menyebabkan kue bantat.

  • Baking Powder Atau Penyembang

Baking Powder

Baking Powder atau Pengembang yang digunakan harus dalam kondisi bagus, dan tidak kadaluarsa.  Hal ini berlaku juga untuk bahan pengembang lainnya seperti Baking Soda, Ragi, hingga Emulsifier.

  • Mentega atau Margarin

mentega

Sama dengan Telur, Mentega atau Margarin juga sebaiknya jangan dalam kondisi dingin atau baru dikeluarkan dari lemari pendingin. Diamkan dahulu pada kondisi ruang selama beberapa saat. Selain itu, perhatikan resep kue. Jika Mentega atau Margarin harus dilelehkan, maka jangan dimasukkan ke dalam kue pada saat dalam kondisi panas. Melainkan tunggu hingga beberapa saat. Lelehan Mentega atau Margarin yang terlalu panas akan memyebabkan kue bantat.

  • Tepung

Tepung Terigu

Nah, Tepung adalah bagian yang sangat penting agar tidak menghasilkan kue bantat. Tepung, terdiri dari beberapa jenis. Gunakan tepung yang tepat. Misalnya, untuk membuat roti, gunakan tepung dengan kadar gluten yang tinggi. Jangan gunakan tepung roti untuk membuat pastry atau kue, karena akan menjadikan kue bantat. Pastry atau Kue atau Cake membutuhkan tepung dengan tekstur yang ringan. Sementara itu, ada juga tepung serba guna yang dapat dipakai untuk membuat kue atau roti, namun hasilnya tidak maksimal.

  • Oven Atau Mesin Panggang

oven

Oven atau pemanggang harus dalam kondisi panas sesuatu panas yang diperlukan ketika membuat kue. Misalnya, untuk resep dengan panas 160C, maka nyalakan dulu oven dan biarkan oven mencapai panas yang dibutuhkan, sebelum adonan kue dipanggang. Jika oven belum panas sempurna, dijamin akan menyebabkan kue menjadi bantat.



Categories: Tips Dapur

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: